Penumpukan karang gigi dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, mulai dari bau mulut, radang gusi, hingga gigi goyang. Karena teksturnya yang cukup keras, Anda tidak bisa menghilangkannya dengan menyikat gigi. Untuk menghilangkan karang gigi, Anda harus pergi ke dokter gigi untuk melakukan pembersihan yang disebut juga dengan scaling dan memperhatikan harga scaling gigi terdekat juga.  

Apa itu scaling gigi?

Scaling merupakan prosedur membersihkan plak dan karang gigi di seluruh permukaan gigi. Prosedur ini biasanya dilakukan dengan menggunakan ultrasonik atau  alat pengikis manual.

Pada proses scaling, Anda juga bisa melakukan prosedur root planing atau meratakan permukaan akar agar gigi dan gusi menempel dengan baik.  Scaling gigi dapat dilakukan minimal dua kali setahun atau enam bulan sekali. Namun jika Anda memakai kawat gigi, Anda perlu melakukannya lebih sering, 1-2 bulan sekali setiap kali Anda akan mengontrolnya. 

Prosedur Scaling Gigi

Berikut beberapa langkah dalam membersihkan karang gigi, yaitu:

Pada saat proses scaling ini, Anda pasti akan merasakan sakit. Namun, rasa sakit ini tidak akan bertahan lama. Saat membersihkan karang gigi, dibutuhkan waktu sekitar tiga puluh menit agar gigi kembali bersih dan sehat. 

Setelah pembersihan karang gigi selesai, Anda masih akan merasakan sedikit rasa sakit. Sebab sebelumnya permukaan gigi tertutup karang gigi. Anda juga akan lebih sensitif terhadap makanan dan minuman. Namun, jangan khawatir dengan kondisi ini karena akan hilang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu.  

Berapa Harga Scaling Gigi?

Biasanya, untuk melakukan satu kali membersihkan karang gigi, harga scaling gigi terdekat berkisar antara Rp 150.000 hingga Rp 500.000. Perbedaan harga ini terjadi tergantung tempat dilakukannya scaling, apakah di klinik, dokter gigi, puskesmas, atau rumah sakit.  

Mengetahui perkiraan harga scaling gigi terdekat adalah hal terbaik yang harus dilakukan. Tentu saja, Anda harus mempertimbangkan biaya scaling gigi tergantung pada kemampuan finansial Anda.

Disarankan untuk scaling secara rutin, terutama jika Anda menderita penyakit gusi dengan pH tinggi atau rongga mulut menjadi basa dan kering akibat pengobatan dan penuaan. Selain itu, arang menyikat gigi secara teratur mungkin menjadi alasan mengapa Anda perlu melakukan pembersihan karang gigi secara teratur.

Saat membersihkan karang gigi, pencegahan lebih baik daripada pengobatan. Dengan kata lain, sebaiknya Anda rutin menjaga kebersihan gigi dengan rutin menyikat gigi menggunakan pasta gigi berfluoride, mengonsumsi makanan bergizi, membersihkan sela-sela gigi, dan tidak merokok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *