Rata – rata hampir sebagian besar sekolah, biasanya akan melakukan yang namanya proses cetak buku tahunan sekolah ketika sudah mendekati acara kelulusan. Meskipun Anda mungkin sudah sering kali mendengar istilah buku tahunan sekolah, akan tetapi di artikel berikut akan kita jelaskan secara detail mengenai pengertian dan konsep seputar buku tahunan tersebut.

Sekilas pengertian tentang buku tahunan sekolah

Pada dasarnya, buku tahunan sekolah merupakan sebuah buku yang di dalamnya berisikan informasi seputar kegiatan sekolah dalam satu tahun akademik. Biasanya, buku tahunan sekolah juga berisikan informasi penting seperti halnya sejarah sekolah, struktur organisasi sekolah, daftar siswa dan guru dan lain – lain. Pembuatan buku tahunan sekolah sendiri, biasanya sering kali diterbitkan hampir setiap tahunan.

Hal ini bukan tanpa alasan dilakukan, yakni untuk memudahkan dalam memberikan gambaran mengenai kegiatan apa saja yang pernah terjadi di sekolah. Baik itu kepada siswa, orang tua maupun masyarakat luas yang melihatnya. 

Apa saja isi dan konsep dalam proses cetak buku tahunan sekolah?

Dalam buku tahunan sekolah, biasanya akan mencantumkan isi dan konsep yang bervariasi tergantung dari sekolah yang bersangkutan. Meski demikian, isi dan konsep dari pembuatan buku tahunan sekolah secara umum yakni sebagai berikut.

  1. Sejarah sekolah

Isi dan konsep buku tahunan sekolah yang pertama, yakni ada sejarah sekolah. Dimana di dalamnya berisikan informasi mengenai asal usul sekolah, perkembangan sekolah dari masa ke masa sampai dengan tokoh – tokoh yang berjasa dalam perkembangan sekolah tersebut. 

  1. Struktur organisasi

Berikutnya, buku tahunan sekolah juga berisikan struktur organisasi sekolah. Yang mana, hal ini termasuk daftar nama kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan juga guru – guru maupun staf yang terlibat langsung dalam kegiatan akademik maupun non-akademik di dalamnya.

  1. Daftar siswa

Hal wajib yang harus ada dalam buku tahunan sekolah, yaitu ada daftar siswa yang memang terdaftar di sekolah tersebut. Daftar siswa yang dicantumkan di buku tahunan sekolah sendiri, biasanya juga akan mencantumkan informasi mengenai kelas dan jurusan masing – masing siswa.

  1. Kegiatan akademik

Selanjutnya, ada juga kegiatan akademik yang biasanya berisikan informasi mengenai kegiatan akademik yang biasanya sering diselenggarakan di sekolah. Termasuk di dalamnya, yakni ada jadwal pelajaran, ujian dan lain – lain yang juga penting dimasukkan. 

  1. Kegiatan non-akademik

Selain kegiatan akademik, ada juga kegiatan non-akademik yang juga tidak boleh terlewatkan. Dimana, kegiatan non-akademik sendiri bisa berupa kegiatan olahraga, kesenian dan lain sebagainya yang ada di sekolah yang bersangkutan tersebut.

  1. Prestasi

Terakhir, ada isi dan konsep buku tahunan sekolah berupa prestasi yang berisikan prestasi yang dicapai oleh sekolah yang bersangkutan. Entah itu prestasi dalam bidang akademik maupun prestasi dalam bidang non-akademik sekalipun.

Itulah tadi sekiranya informasi yang bisa Anda ketahui seputar buku tahunan sekolah, sebelum nantinya memutuskan untuk melakukan proses cetak buku tahunan di jasa percetakan berkualitas di pasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *