Akhir-akhir ini istilah SEO makin banyak diperbincangkan, profesi sebagai jasa SEO website juga semakin banyak dicari. Namun SEO itu apa sih? Memiliki kepanjangan Search Engine Optimization, SEO adalah upaya mengoptimasi website agar mendapat peringkat atas dalam mesin pencarian. Biasanya dikenal dengan penentuan keywords, ternyata wilayah cakupan SEO cukup luas loh. Apa saja jenisnya? Yuk simak ulasan berikut. 

  1. SEO On Page 

Sesuai namanya, SEO On Page bertujuan untuk optimasi pada bagian depan website. Optimasi konten dilakukan dengan memaksimalkan berbagai aspek. Gambar konten, gambar yang menarik dengan judul jelas meningkatkan peluang muncul di situs pencarian gambar. Judul yang menarik dan pastinya SEO friendly dengan mengandung kata kunci.  Pastikan posisi kata kunci atau keywords yang menyebar di seluruh konten. Lengkapi dengan meta description, kalimat deskripsi singkat isi konten. Perbaiki struktur konten yang dibawakan dengan memberikan sub judul karena dapat lebih enak untuk dibaca. Teknik satu ini dapat dipelajari sendiri tanpa menggunakan jasa SEO website

  1. SEO Off Page 

Jenis teknik lainnya adalah SEO Off Page, yang bertujuan mengoptimalkan website dari luar dengan meningkatkan manfaat dan keterkaitan konten yang dihadirkan untuk target konsumen. Untuk aplikasi dari teknik SEO Off Page ini, anda dapat melakukan promosi lewat media marketing lainnya seperti Youtube, Facebook, Instagram, dan Tiktok. Meningkatkan DA (Domain Authority) untuk memperkirakan peringkat di situs pencarian. Meningkatkan PA (Page Authority) untuk berada di halaman teratas situs pencari, dan Backlink atau link yang diletak pada website lain yang lebih banyak pengunjung dengan tujuan mempromosikan website.  

  1. Technical SEO

Kalau diibaratkan dengan mobil, technical SEO merupakan mesinnya atau pondasi dari website tersebut. Dengan mengoptimalkan struktur dan performa website, pengunjung website dapat lebih meningkat. Beberapa Langkah yang dilakukan untuk pengoptimalan SEO teknis dengan menggunakan SSL (Secure Sockets Layer), mewaspadai plagiarism konten, mencegah thin konten (konten yang tidak memiliki manfaat), memasang plugin SEO, dan memaksimalkan user experience. Dibandingkan kedua jenis SEO lainnya, Technical SEO lebih membutuhkan kemampuan untuk menganalisisnya. Anda dapat menggunakan jasa SEO website untuk meningkatkan traffic website.

Memang perlu waktu untuk mempelajari ketiga pondasi SEO di atas, namun perlahan-lahan pasti bisa kok. Namun ada cara mudah untuk menerapkannya, yaitu dengan menggunakan jasa SEO website yang telah disediakan beberapa agensi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *