Pilar terpenting dalm membaangun hunian yang tak boleh terlupakan yaitu atap. Awalnya, atap rumah terbuat dari tanah liat yang dibuat dengan cara tradisional dan memanfaatkan teknologi sederhana.
Seiring perkembangan zaman, atap tersebut mulai ditinggalkan dan diganti dengan yang lebih modern, misalnya atap longspan. Pastikan ukuran atap longspan sesuai kebutuhan. Inilah Kelebihan dan kekurangannya!
Kelebihan Atap Longspan
Menggunakan atap modern seperti longspan tentu membawa banyak kelebihan datang. pasalnya, atap ini telah terjamin kokoh, awet, dan kualitasnya. Sehingga anda tidak perlu khawatir tertipu dengan kualitasnya. berikut kelebihannya:

  1. Mudah Menyesuaikan Dengan Medan
    Atap longspan memiliki sifat yang fleksibel atau mudah dibentuk. Sehingga, atap longspan sangat mudah menyesuaikan dengan medan atap hunian. Jadi anda tidak perlu khawatir akan bocor atau geser.
    Menggunakan longspan tentu lebih aman dan praktis dibandingkan menggunakan genteng atau jenis atap lainya. Dengan menggunakan atap ini, resiko terjadinya ambruk pada atap akan terminimalisir.
  2. Tidak Mudah Pecah
    Atap longspan tentu memiliki kekokohan dan kualitas yang bagus, sehingga tidak gampang pecah. Berbeda halnya dengan genteng yang rapuh dan mudah pecah. Hal ini tentu akan menghemat biaya pembangunan.
  3. Tahan Lama
    Jenis atap longspan lebih tahan lama jika dibandingkan dengan atap lainnya. Pasalnya, atap longspan dibuat dengan bahan berkualitas dan memanfaatkan teknologi tinggi di masa sekarang. Sesuaikan ukuran atap longspan sebelum melakukan pembelian.
  4. Dapat Memantulkan Panas
    Atap longspan dapat dengan baik dalam memantulkan panas sehingga rumah terasa sejuk dan dingin. Selain itu, atap jenis ini juga lebih tahan dari api sehingga aman ketika terjadi kebakaran.
    Kekurangan Atap Longspan
    Dibalik kelebihan yang telah disebutkan, tentu terdapat kekurangannya. Berikut penjelasan mengenai kekurangan dari menggunakan atap longspan:
  5. Menimbulkan Suara Bising
    Atap longspan cukup menimbulkan suara bising ketika hujan sedang turun karena terbuat dari aluminium. Terutama, jika hujan yang melanda sangat deras, suara bising yang dihasilkan dapat mengurangi kenyamanan hunian.
  6. Mengalami Pemudaran Warna
    Atap longspan memiliki pilihan warna yang sangat banyak sesuai dengan yang diinginkan. Namun, disamping itu, atap jenis ini warnanya mudah memudar. Jika dibandingkan dengan atap tanah liat, tentu lebih awet jika dilihat dari segi warna.
  7. Bisa Mengalami Kebocoran
    Meskipun sangat kokoh dan kuat, namun atap longspan dapat mengalami kebocoran jika berbenturan dengan benda berat dari langit. Sehingga perlu waspada agar tidak terdapat korban.
    Demikian pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki atap longspan. Bagi anda yang memutuskan menggunakan atap jenis ini maka pastikan ukuran atap longspan telah sesuai dengan kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *