Saat melakukan printing, mungkin pernah mendengar terkait dengan teknik atau metode print UV Flatbed yang ditawarkan. UV Flatbed merupakan teknik pencetakan yang memanfaatkan cahaya ultra violet untuk cetak permukaan datar, keras, dan kaku. Ada banyak kelebihan yang dimiliki dari teknik ini dibandingkan dengan teknik pencetakan lainnya seperti dibahas pada berikut.

Jenis Produk dengan Cetak UV Flatbed

Berbicara mengenai metode cetak UV Flatbed sendiri tentunya kurang lengkap apabila tanpa membahas terkait dengan apa saja jenis produk yang bisa dihasilkan atau digunakan. Beberapa material yang bisa digunakan untuk jenis cetakan satu ini diantaranya seperti dari logam, kayu, akrilik, dan juga berupa kaca.

Dari material tersebut, pencetakan bisa digunakan untuk gantungan kunci akrilik karena memiliki permukaan yang tergolong cukup datar. Selain itu, hasil desain yang diberikan untuk gantungan kunci juga lebih bagus dan hasil yang halus pula. Terdapat ID Card PVC yang juga bisa dicetak dengan menggunakan metode printing dengan UV Flatbed tersebut.

ID Card PVC biasanya untuk cetak UV Flatbed karena mampu menghasilkan hasil cetakan yang lebih jelas dan tidak mudah untuk terkelupas. Ada pula barang lain seperti papan nama yang terbuat dari kaca, medali dari kuningan atau aluminium, dan juga foto kayu untuk memberikan hasil cetakan yang lebih baik dan menarik.

Kelebihan Penggunaan Cetak UV Flatbed

Pada bagian sebelumnya, sudah dijelaskan mengenai apa saja jenis barang yang dapat digunakan untuk mencetak dengan metode yang satu ini. Tidak kalah pentingnya juga untuk  memahami apa saja sebenarnya kelebihan yang dimiliki dengan mencetak menggunakan metode UV Flatbed untuk berbagai barang yang dibahas itu tadi.

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh metode print UV Flatbed satu ini yaitu berkaitan dengan hasil cetakan yang tidak mudah untuk terkelupas dan tidak akan menjadi pudar. Bahkan hasil ini bisa mencapai bertahun-tahun lamanya. Selain itu, warna yang dihasilkan juga lebih tajam dan lebih bagus dibandingkan dengan mencetak dengan metode lainnya.

Warna yang dihasilkan begitu tajam bahkan sampai membuat tintanya terlihat seperti masih basah padahal hasil tersebut sudah lebih kering. Terdapat pula kelebihannya yaitu lebih menghemat tinta yang digunakan dibandingkan yang lain. Kelebihan lain  yaitu proses produksinya juga lebih cepat dan residu yang dibuang juga tergolong lebih sedikit dibandingkan lainnya.

Dari pembahasan yang telah diberikan di atas, sekarang ini sudah bisa untuk memutuskan akankah teknik print UV Flatbed bisa dimanfaatkan lebih baik sesuai dengan kebutuhan yang ada. Semoga informasi dan penjelasan yang sudah diberikan di atas bisa memberikan manfaat untuk siapa saja yang sedang membutuhkan terkait dengan pencetakan itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *