Pipa menjadi salah satu item yang dibutuhkan dalam berbagai pembangunan, baik untuk keperluan rumah maupun kantor dan tentu banyak berbagai jenis pipa yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Seperti besi pipa seamless yang dianggap lebih kuat dan tahan terhadap tekanan, jadi tidak heran jika harga pipa tersebut cukup tinggi. Berikut ulasannya. 

Apa Itu Pipa Seamless?

Pipa seamless disebut juga sebagai pipa kelim merupakan jenis pipa besi yang tidak memiliki sambungan pada bagian badan. 

Untuk metode pembuatan pipa ini terbuat dari logam padat lonjong (billet) yang ditusuk pada bagian tengah sehingga dapat menghasilkan rongga.

Pada dasarnya pipa seamless memiliki beberapa metode produksi, seperti  metode Mandrel Mill Process, serta metode Extruction Process dan Push-Bench Process. 

Di mana dalam proses pembuatan pipa tersebut lebih rumit karena adanya proses piercing, proses penggulungan dan peregangan untuk menyesuaikan panjang, diameter, serta ketebalan dinding pipa.

Selain itu, material pada pipa ini biasanya stabil dan tidak berubah karena tidak mengalami pemanasan untuk proses pengelasan. 

Keunggulan Pipa Seamless

Ada berbagai keunggulan yang dimiliki oleh pipa seamless, apalagi pipa ini banyak digunakan oleh industri minyak, gas, listrik, dan industri yang memiliki tekanan tinggi. Berikut keunggulannya. 

  1. Dinding pipa lebih tebal sehingga lebih tahan pada tekanan dan suhu tinggi.
  2. Tidak ada sambungan las sehingga tidak terjadi korosi dan membuat pipa lebih kokoh. 
  3. Mempunyai bentuk silinder yang lebih baik, meski ukurannya tidak konsisten.
  4. Harganya terbilang lebih mahal dibandingkan dengan pipa yang lainnya. 
  5. Perawatan pada pipa seamless relatif lebih minim.

Memiliki ketahanan terhadap tekanan yang tinggi tentu menjadi pilihan yang tepat untuk menggunakan pipa seamless untuk kebutuhan dalam pembangunan konstruksi yang berhubungan dengan gas maupun minyak. 

Namun dalam pemakaian dalam jangka waktu yang lama, pipa ini bisa mengalami penurunan kinerja sehingga perlu pengecekan secara berkala dan perawatan yang baik. Meski pipa seamless dapat bertahan dari korosi karena memiliki ketebalan yang bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *