Baja ringan merupakan material baja cold-formed dengan dimensi berkisar antara 0,4 mm – 3,0 mm yang tipis dan ringan namun memiliki kekuatan yang sama dengan baja konvensional. Sebelum memasang reng baja ringan, ada baiknya Anda memahami ukuran, jenis, dan bentuk baja ringan.

Ukuran Baja Ringan

Ketebalan baja ringan adalah 0,75 mm atau 1,00 mm. Meskipun ketebalannya sangat tipis, yaitu sekitar 0,75 mm hingga 1,00 mm, baja ringan punya beragam keunggulan, salah satunya yakni kuat, kokoh serta tahan lama. Karena baja ringan berongga dipisahkan menjadi baja ringan berongga galvanis dan baja ringan berongga galvalum, ukuran baja ringan untuk berongga bervariasi.

Ketebalan reng baja ringan berkisar antara 0,40 mm hingga 0,60 mm, sedangkan tinggi profil baja ringan berkisar antara 70 mm hingga 100 mm.

Bentuk Baja Ringan

Secara umum, bentuk baja ringan seperti “Kanal” atau “C” serta “Omega” sering digunakan. Kedua bentuk tersebut cocok digunakan sebagai komponen struktur baja ringan. Baja ringan berbentuk kanal dan omega bisa didapatkan di toko penjualan baja ringan tertentu atau jasa pemasangan baja ringan.

Baja ringan dengan bentuk “Kanal” atau “C” adalah yang paling sering digunakan dan ditemukan. Profil ini diklasifikasikan sebagai baja ringan. Kanal C adalah profil paling tradisional dalam material batangan baja ringan.

Jenis penampang ini juga digunakan pada baja biasa jauh sebelum diberi nama baja ringan, yang masih digunakan sampai sekarang. Keuntungan mendasar dari profil C adalah ketika dua profil C saling berhadapan, mereka membentuk “kotak”.

Jenis Baja Ringan

Dari segi ukuran fisik, ketebalan baja ringan yang sering digunakan pada batang utama kuda-kuda konstruksi berkisar antara 0,75 mm hingga 1,00 mm. Ketebalan dari reng baja ringan berkisar dari ukuran 0,40 hingga 0,60 mm.

Sedangkan ukuran profil berkisar antara 70 mm hingga 100 mm. Juga pada ketinggian reng/reng mulai dari 31mm hingga 60mm. Variasi ukuran ini dimaksudkan untuk menyesuaikan dengan beban/kekuatan yang ditopangnya.

Rafters Logam Baja Ringan TRUS terbuat dari pelat baja dengan gaya tarik yang cukup tinggi (G550) atau jenis baja yang sudah dilapisi aluminium dan seng. Baja ini digunakan sebagai rangka atap baja ringan atau kuda-kuda utama baja ringan. Profil C berukuran panjang 75 cm kali 6 meter, dengan ketebalan bervariasi mulai dari 0,60 mm hingga 1 mm.

Reng baja ringan berbentuk trapesium dan biasanya memiliki ketebalan 0,45 mm, dengan tinggi mulai dari 28 mm hingga 40 mm. Untuk penggunaan dengan ubin beton atau keramik, disarankan reng minimal 30 mm.

Merek Taso Mild Steel menawarkan ketebalan 0,75 mm dan 1 mm, dengan tinggi 7,5 cm, lebar kaki 3,5 cm, dan panjang per batang 6 meter. Aksesori termasuk braket L, Dynabolt berdiameter 12 mm, dan sekrup self-drilling.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *