Atap polycarbonate gelombang jadi alternatif pilihan untuk menggantikan atap bermaterial kaca yang harganya relatif mahal. Jenisnya yang beragam membuat atap jenis ini lebih mudah disesuaikan dengan kebutuhan. Dari segi material, atap polycarbonate terbuat dari bahan polimer yang terkenal kuat.

Bila Anda berencana menggunakan atap jenis ini, ada baiknya kenali kelebihannya terlebih dahulu. Nah, berikut ini beberapa keunggulan atap polycarbonate.

  1. Memiliki Daya Tahan yang Kuat

Salah satu keunggulan dari atap polycarbonate ialah memiliki daya tahan yang sangat kuat. Polycarbonate gelombang dengan ketebalan 3mm bahkan mampu menahan bola dengan berat 4kg yang jatuh dari ketinggian 9,5 meter. Bahkan, kondisi atap tidak mengalami kerusakan ataupun hancur akibat benturan dari bola tersebut.

Selain itu, atap jenis ini juga tahan terhadap cuaca ekstrem. Sehingga cocok untuk hunian di Indonesia yang beriklim tropis. Meskipun terkena panas dan hujan setiap hari, atap bangunan dari bahan polycarbonate tidak mudah mengalami kerusakan.

  1. Atap Polycarbonate Mudah Dibentuk

Tak hanya kuat, atap polycarbonate juga termasuk fleksibel. Baik yang berbentuk gelombang maupun yang datar, atap jenis ini dapat dengan mudah dibentuk sesuai kebutuhan. Misalnya saja polycarbonate yang dibentuk melengkung mengikuti bentuk atap. Menariknya lagi, atap berbahan polycarbonate ini tersedia dalam pilihan warna yang beragam. Mulai dari yang bening, warna gelap, hingga warna-warna cerah seperti kuning dan merah. Begitupun dengan motif polycarbonate dan teksturnya yang cukup bervariatif.

  1. Mampu Mentransmisikan Cahaya Sehingga Ruangan Tidak Gelap

Atap polycarbonate gelombang mampu mentransmisikan cahaya matahari dengan baik. Area di bawahnya terasa tetap sejuk meskipun cahaya matahari masih bisa masuk. Dengan karakteristiknya tersebut, tak mengherankan bila atap jenis ini banyak digunakan pada area taman, jemuran, maupun teras. 

Selain itu, atap polycarbonate juga kerap digunakan untuk kanopi. Adanya akses cahaya matahari masuk ke dalam ruangan juga bisa mengurangi penggunaan listrik di siang hari. Sebab Anda tak perlu menyalakan lampu untuk membuat ruangan lebih terang.

  1. Atap yang Ringan

Keunggulan polycarbonate sebagai atap tidak hanya awet, fleksibel, dan tembus cahaya saja. Atap jenis ini memiliki bobot yang ringan, apalagi bila dibandingkan dengan kaca. Bahkan, berat atap polycarbonate rata-rata hanyalah 1 kg per lembarnya. 

Berkat bobotnya yang ringan itulah, atap jenis ini dapat dipasang dan dibawa secara mudah. Disamping itu, beban yang disangga rangka atap juga tidak terlalu berat bila menggunakan atap berbahan polycarbonate.

Itu dia empat keunggulan atap polycarbonate gelombang yang perlu Anda pahami. Pastikan Anda memilih atap yang sesuai dengan kebutuhan dan budget yang ada. Untuk pemasangannya, Anda bisa menggunakan tenaga profesional agar atap lebih rapi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *