Genset menjadi alat yang sangat dibutuhkan ketika sedang terjadi pemadaman listrik. pasalnya genset merupakan alat yang dikenal sebagai penghasil daya listrik yang biasanya digunakan di rumah, toko, pabrik, hingga perusahaan. Dapatkan mesin yang awet hanya di jual mesin genset terbaik. Berikut ini akan diberikan tips merawat genset:

Simpan Genset Di Area Kering

Dalam menyimpan mesin berat terutama yang berbahan bahan minyak tentu harus berhati-hati, usahakan di tempat yang kering. Hal ini bertujuan untuk menghindari risiko terjadi ledakan atau kebakaran.

Usahakan, jauhkan ruang minyak, bahan bakar, ataupun air dari tempat penyimpanan genset. Selain menjaga keselamatan juga menjaga agar genset awet dan tahan lama. Anda juga bisa membersihkan dulu sebelum dan setelah pemakaian.

Panaskan Genset Secara Berkala

Penggunaan mesin yang satu ini tentu tidak setiap hari, pasalnya masih terdapat pasokan listrik primer yang berasal dari PLN. Oleh karena itu, untuk menjaga agar mesin tidak karatan dan berfungsi dengan baik maka panaskan secara berkala.

Jangan biarkan mesin genset anda menganggur sangat lama karena itu akan berbahaya pada kondisi mesin. Ada kemungkinan mesin yang tidak digunakan lama akan mengalami kerusakan. Jika anda membutuhkan genset, bisa kunjungi tempat jual mesin genset yang menawarkan kualitas bagus.

Periksa Kabel Yang Digunakan

Sebelum menggunakan genset, alangkah baiknya anda memeriksanya dengan baik mulai dari mesin hingga kabel yang digunakan. jangan sampai saat digunakan malah menimbulkan kecelakaan atau hal yang tidak diinginkan lainnya.

Kabel menjadi benda paling rawan yang dapat keropos dimakan oleh binatang lain seperti tikus, rayap, atau lainnya. Kabel yang bolong tentu akan menghambat aliran listrik yang keluar, sehingga dapat menyebabkan konsleting.

Periksa Keadaan Aki Genset

Memeriksa keadaan aki dalam keadaan baik sangatlah penting. Pasalnya setiap aku membutuhkan supply yang digunakan untuk mengolah bahan bakar menjadi listrik yang dibutuhkan. Jika supply air aki habis, maka listrik tidak akan bisa dialirkan keluar.

Jangan sampai lengah, selain air aki yang berfungsi untuk menghasilkan listrik, terdapat juga kabel-kabel tertaut yang digunakan untuk memproses keluaran. Sehingga kedua bahan tersebut bekerja sama untuk menghasilkan listrik.

Cek Oli Mesin Genset

Oli menjadi salah satu hal penting yang digunakan pada mesin. Oli bertugas sebagai pelumas agar mesin tidak kering dan berfungsi secara optimal. Usahakan ganti oli mesin jangan sampai keruh dan banyak mengandung kotoran.

Oli yang keruh tentu akan mengganggu kinerja mesin, sehingga lambat. Mengganti oli mesin yang bagus yaitu 6 bulan sekali atau kondisi oli sudah tidak normal lagi. Jika anda ingin membeli genset, harus melakukan banyak pertimbangan mulai dari mesin, kabel, dan lainnya, hanya di tempat jual mesin genset.

Demikian pembahasan mengenai tips merawat mesin genset agar tidak mudah rusak dan awet. Jangan sampai anda membuang banyak uang dan merusaknya. Gunakan secara optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *