Keberadaan listrik sudah menjadi hal yang sangat penting sekarang ini, Penerangan, pemanasan, pendinginan, hiburan, dan banyak lagi aspek yang membutuhkan listrik sebagai sumber energi. Namun kadang kala listrik mengalami gangguan, dan mati. Manusia tidak bisa menggunakan listrik, segala aspek kehidupan terganggu. Salah satu solusinya adalah menggunakan genset sebagai penghasil arus listrik sementara. Toko yang jual genset murah menjadi sasaran utama. 

Apa itu genset?

Genset berasal dari kata generator dan set, apabila digabungkan menjadi genset. Fungsi utama dari genset ini adalah sebagai supply listrik saat terjadi pemadaman listrik. Genset terdiri dari dua komponen yaitu mesin dan generator. Mesin untuk memutar generator, dan generator akan menghasilkan induksi elektromagnetik yang bisa menghasilkan arus listrik.

Keberadaan genset memang penting untuk rumah tangga, terutama yang memiliki rumah di lokasi rawan pemadaman listrik, atau langganan pemadaman listrik berkala. Jangan hanya menghampiri toko yang jual genset murah saja, tanpa mempertimbangkan jenis genset yang diperjualbelikan.

Jenis-jenis Genset:

  1. Genset Gas

Mesin genset gas menggunakan gas sebagai bahan bakar utama. Gas akan menjadi sumber tenaga generator. Gas yang digunakan pada mesin genset Gas adalah gas LPG. Penggunaan genset gas dinilai lebih rendah polusi dibandingkan dengan genset yang menggunakan diesel.

  1. Genset Diesel

Sesuai dengan namanya genset jenis ini menggunakan bahan bakar diesel yang kita kenal dengan nama solar. Biasanya output daya yang dihasilkan lebih besar dibanding jenis lainnya. Namun suaranya yang berisik dan polusi yang ditimbulkan lumayan mengganggu.

  1. Genset Bensin

Sama seperti genset diesel yang menggunakan solar, namun genset bensin menggunakan bensin sebagai bahan bakarnya. Harganya yang murah dan suaranya yang lebih kalem dibandingkan genset diesel menjadikan genset bensin lumayan popular. Jual genset murah sering mempromosikan genset bensin ini.

  1. Genset portable

Berukuran mini dan dapat dibawa kemana saja adalah keunggulan dari genset portable. Sesuai dengan ukurannya, daya yang dihasilkan genset portable juga tergolong kecil, output yang dihasilkan juga rendah. Namun bisa mengisi daya lampu darurat, laptop, telepon genggam, dan peralatan listrik lainnya yang memiliki watt rendah.

  1. Genset tenaga surya

Sinar matahari yang berlimpah dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar genset. Daya yang digunakan sebagai bahan bakar genset tenaga surya berasal dari cahaya matahari. Namun masih belum banyak dikembangkan di Indonesia. Arus yang dihasilkan juga kecil dan hanya bisa mengisi peralatan berarus kecil saja.

Sebelum memutuskan untuk membeli genset, sesuaikan jenis dan fungsinya terlebih dahulu dengan kebutuhan anda. Genset memiliki harga beragam tergantung dengan jenisnya. Harga genset disesuaikan dengan jenis dan watt yang dihasilkan. Jual genset murah biasanya untuk genset dengan watt kecil dan jenis konvensional seperti genset diesel atau bensin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *